Senin, 28 Desember 2020

MENGENAL TUJUH LATIFAH

Dalam olah jiwa terdapat 7 Latifah yang bila diolah dapat menghilangkan semua sifat-sifat negatifnya dan diganti dengan sifat-sifat positif.

1. Lathifatul-Qolby : Disini letaknya sifat-sifat syetan, iblis, kekufuran, kemusyrikan, ketahayulan dan lain - lain, letaknya dua jari dibawah susu sebelah kiri. Kita olah, Insya Allah pada tingkat Ini diganti dengan sifat-sifat positif Iman, Islam, Ihsan, Tauhid dan Ma’rifat.

2. Lathifatur-Ruh   : Disini letaknya sifat bahimiyah (binatang jinak) menuruti hawa nafsu, letaknya dua jari dibawah susu sebelah kanan. Kita olah sebanyak-banyaknya Insya Alah diganti dan sifat-sifat positif dan diisi dengan khusyu’ dan tawadhu’.

3. Lathifatus-Sirri : Disini letaknya sifat-sifat syabiyah (binatang buas) yaitu sifat zalim atau aniaya, pemarah dan pendendam,  letaknya dua jari diatas susu sebelah kiri. Kita olah sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat positif dan diisi dengan kasih sayang dan ramah tamah.

4. Lathifatul-Khafi : Disini letaknya sifat-sifat pendengki, khianat dan sifat-sifat syaitoniyah, letaknya dua jari diatas susu sebelah kanan. Kita olah sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat  positif dan diisi dengan syukur dan sabar.

5. Lathifatul-Akhfa : Disini letaknya sifat- sifat robbaniyah yaitu riya’, takabbur, ujub, suma’ dan lain- lain, letaknya ditengah-tengah dada. Kita olah sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat -sifat positif dan diisi Ikhlas , khusyu’, tadarru dan tafakur.

6. Lathifatun-Nafs (Nafsun-Natiqo) : Disini letaknya sifat-sifat nafsu amarrah banyak khayalan dan panjang anganangan, letaknya tepat diantara dua kening. Kita olah sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat posisit dan diisi dengan tenteram dan pikiran tenang.

7. Lathifatul-Qolabiyyah (Kullu-Jasad) : Disini letaknya sifat-sifat jahil “ghaflah” kebendaan dan kelalaian, letaknya diseluruh tubuh mengendarai semua aliran darah. Posisi letak titik pusatnya tepat ditengah-tengah ubun-ubun kepala kita. Kita olah sebanyak-banyaknya Insya Allah diganti dengan sifat-sifat positif dengan ilmu dan amal.

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar